Klasifikasi undertone, yuk pelajari. (Pinterest/Elena)
Klasifikasi undertone, yuk pelajari. (Pinterest/Elena)
KOMENTAR

AGAR fesyen dapat menampilkan the best version diri kamu, maka penting untuk memilih warna pakaian yang sesuai dengan warna kulit. Untuk itu diperlukan color analysis yang tepat.

Color analysis merupakan proses pemilihan warna baik rambut, makeup, sampai outfit yang digunakan yang sesuai dengan tone warna kulit kamu. 

Hal ini sangatlah berguna terutama bagi kamu yang suka bingung dengan warna outfit yang cocok, agar tidak kusam pada kulit.

Secara sederhana, undertone dibagi menjadi 3 jenis yaitu, coolwarm, dan neutral

Salah satu cara untuk menentukan warna undertone ialah dengan melihat warna urat nadi, Jika urat nadi berwarna hijau, kemungkinan besar memiliki warm undertone

Namun, jika urat nadi berwarna biru berarti kamu adalah cool undertone

Dan jika warna nadi berwarna campuran antara hijau dan biru, maka tergolong memiliki neutral undertone.

  • Cool undertone 

Kulit cool undertone memiliki ciri khas warna kulit yang terang, sehingga kamu enggak akan terlalu sulit untuk menemukan warna baju yang sesuai dengan skin tone kamu.

Walaupun begitu, ada warna tertentu yang dapat dikenakan pemilik warna undertone ini agar tampak lebih fresh.

Untuk warnanya, yang memiliki cool undertone harus koleksi outfit yang berwarna pastel dan netral seperti off-white.

  • Warm undertone 

Untuk yang memiliki warm undertone, cocok menggunakan outfit yang memiliki warm tone atau outfit dengan nuansa warna yang hangat dan kalem.

Warna hangat ini adalah warna oranye, kuning, coral, dan gold. Selain itu, baju berwarna earth tone, seperti merah tua, olive, dan cokelat bisa jadi opsi lainnya.

Orang yang memiliki warm undertone, sangat tidak direkomendasikan untuk menggunakan outfityang memiliki warna silver karena bisa membuat kulit menjadi tampak kusam.

  • Neutral undertone

Kamu yang memiliki neutral undertone dapat menggunakan warna-warna yang direkomendasikan untuk cool undertone dan warm undertone. Kamu akan baik-baik saja menggunakan beragam warna tersebut.

Untuk pemilihan outfit, kamu yang memiliki neutral undertone bisa memilih baju yang berwarna netral seperti putih, cream, abu-abu, dan beige agar bisa menyatu dengan baik dengan warna kulitmu.

Itulah tips dan rekomendasi warna outfit yang bisa kamu sesuaikan dengan undertone pada kulitmu. Selamat mencoba!




JMFW 2025 Hadirkan Karya Kreatif Siswa SMK dan Perguruan Tinggi Vokasi dari Padang Hingga Manokwari

Sebelumnya

Lampaui Target, JMFW 2025 Resmi Ditutup dengan Transaksi Potensial 20,4 juta USD

Berikutnya

KOMENTAR ANDA